Sinopsis Ashoka

  • 21K Views
  • Last Post 31 May 2015
admin posted this 31 May 2015 - Last edited 30 June 2015

Sinopsis Ashoka Tayang di ANTV setiap hari 

ANTV yang rajin menayangkan drama seri dari tanah India kini menduduki rating tertinggi, terutama di primetime. Sejak menayangkan Mahabharata di tahun 2014, ANTV mendapat minat dari kalangan masyarakat yang memiliki apresiasi tinggi akan sejarah India kuno. Menyusul sukses Mahabharata adalah kisah kolosal lainnya yakni Kejayaan Mahabharata, Jodha Akbar, Shakuntala, Khrisna dan yang terbaru adalah Ashoka. Berikut ini sinopsis Ashoka secara singkat.

Daya Pikat Ashoka Kalahkan Legenda Mahabharata

Drama seri ini ditayangkan di ANTV sejak 11 Mei lalu untuk menggantikan Kejayaan Mahabharata. Ditayangkan mulai pukul 20.00, Ashoka telah menarik perhatian masyarakat yang sebelumnya tidak pernah absen untuk menyaksikan drama kolosal India yang ditayangkan ANTV. Terlebih, ANTV sendiri sudah mempromosikan bagaimana dahsyatnya serial yang satu ini di negeri asalnya sejak dua pekan sebelum ditayangkan. Promosi gencar melalui iklan elektronik, Twitter, Facebook dan media sosial lainnya membuat Ashoka sudah ditunggu banyak orang, bahkan sebelum film ini ditayangkan.

Judul asli film ini adalah ‘Chakravartin Ashoka Samrat’. Hasil garapan Contiloe Entertainment ini masih ditayangkan oleh Colors TV yang kini menikmati rating tertinggi dengan penonton sebesar hampir 100 ribu pasang mata setiap malamnya. Di Indonesia, tayangan film ini juga sudah menarik puluhan ribu orang untuk menontonnya. Hal ini terlihat dari tweet dan comment di Facebook resmi ANTV Indies Kingdom

 

Istimewanya Ashoka

Bisa dibilang bahwa kisah tentang Ashoka ini memiliki muatan sejarah yang jauh lebih menarik daripada drama seri India yang lainnya. Tanpa mengurangi keagungan sejarah Mahabharata, kisah nyata dari Kaisar Ashoka ini menarik untuk diulik karena adanya ragam intrik. Jika anda ingin tahu sedikit gambaran sinopsis Ashoka ini, silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Berikut ini sinopsis Ashoka secara garis besar:

Sejatinya, kaum intelektual barat menyebutnya sebagai The Great Ashoka. Nama asli Ashoka sendiri adalah Chakravartin Ashoka Samrat  dalam bahasa Sansekerta. Ashoka adalah penguasa Kekaisaran Maurya yang kini dikenal dengan negara-negara Asia Selatan yang terdiri dari Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan dan Sri Lanka. Pemerintahan Ashoka ini berlangsung mulai 269 hingga 232 SM.

Ashoka menjadi penguasa terbesar setelah para pemimpin besar Mahabharata yang sudah tidak diragukan lagi kedigdayaannya. Bahkan, Ashoka justru menguasai beberapa negara diluar Asia Selatan, termasuk Afganishtan.

Mudah saja mengakses bagaimana sepak terjang dari Ashoka the Great ini. Namun, drama seri Ashoka ini bukan untuk menceritakan bagaimana Ashoka dewasa berhasil memperluas lingkup kekuasaannya. Drama seri Ashoka ini merupakan kisah perjuangan Ashoka kecil yang harus disisihkan dari ayahnya, raja kerajaan Maurya yakni Bindusara. Bindusara yang dicintai rakyat harus mendapat cobaan dengan upaya pemakzulannya oleh Seleucus Nicator, ayah dari ibu angkatnya, Helena. Helena berupaya keras untuk menjatuhkan Bindusara sedemikian rupa, demi menjadikan anaknya sendiri, Justin, untuk menjadi raja Maurya.

Singkat cerita, Bindusara dicelakai oleh Justin dan Helena dan dibuang ke tengah hutan. Ternyata, Bindusara diselamatkan oleh Dharma, dimana wanita ini menjadi cinta sejati Bindusara, hingga lahirlah Ashoka. Tentu, tidak ada cerita menarik dan penuh intrik jika ketiganya bersatu membentuk suatu keluarga yang bahagia, dimana Ashoka yang secara otomatis berhak mendapat tahta kerajaan. Bindusara yang kembali ke kerajaan pun terpisah dari Dharma dan Ashoka. 

 

 

Seperti halnya raja-raja kuno, Bindusara memiliki beberapa selir. Diantaranya adalah Noor Khorasan dan Charumitra. Keduanya melakukan apa saja untuk menjatuhkan Bindusara dan mengunggulkan anaknya masing-masing untuk menjadi raja. Bahkan Noor, berselingkuh dengan Justin untuk berkolaborasi menjatuhkan Bindusara karena keduanya ingin menguasai kerajaan Maurya. Sebenarnya, Noor tahu persis bahwa Bindusara menikahinya bukan karena cinta, karena itulah, ia sangat menaruh dendam baik kepada Bindusara dan Dharma.

 

Bagaimana dengan Ashoka Muda?

Sesepuh kerajaan Maurya, Chanakya, merasa prihatin dengan intrik jahat para pesaing Bindusara. Ia pun berniat mencari Dharma yang sejatinya adalah istri sah dari Bindusara. Tentu, perhatian Chanakya pun tak luput untuk mencari Ashoka, sang calon tunggal pengganti tahta Bindusara. Setelah berhasil menemukan mereka berdua, Ashoka pun dilatih sesuai dengan pelatihan militer kerajaan, meski ia sendiri memiliki kekuatan luar biasa yang tidak dimiliki oleh pemuda sebayanya. Ashoka remaja bekerja pula sebagai penjaga kuda-kuda istana.

Dharma juga bekerja di istana sebagai perawat raja, meski Bindusara tidak menyadarinya. Keberadaan Dharma pun sudah dicurigai oleh para selir istana, dan disinilah letak keseruan drama seri ini. Jadi tidak satu episode pun patut dilewatkan.

 

1 Comments
admin posted this 31 May 2015 - Last edited 30 June 2015

Setelah Ashoka beranjak dewasa, maka disinilah klimaks serial ini. Bukan hanya dendam Ashoka yang ingin memperjuangkan kehormatan sang ibunda, tetapi juga si pemilik peran Ashoka ini adalah Shaheer Sheikh. Siapa yang tidak kenal dengan aktor yang satu ini? Setelah sukses di Navya dan Arjuna, Shaheer yang sudah kondang di Indonesia ini akan berakting sebagai tokoh besar sejarah.

Yang menarik adalah, Ashoka yang berbudi pekerti tinggi akan berhadapan dengan musuh-musuh yang sebenarnya adalah saudara tirinya sendiri, Sushima. Persaingan keduanya sudah dimulai sejak Ashoka dan Sushima yang menginjak remaja. Mulai dari lomba balap lari Sushima dengan kudanya yang melawan Ashoka yang lari secepat kilat—meski mengambil jalan pintas—dan berbagai persaingan lainnya, dimana Bindusara pun jatuh simpati, dan merasa bahwa Ashoka seperti darah dagingnya sendiri. Kecemburuan Sushima ini membuat Sushima sering sekali ingin menjatuhkan Ashoka seraya ingin membuktikan bahwa dirinya jauh lebih baik dari Ashoka. Apalagi, Bindusara sangat menyayangi Ashoka.

Ashoka juga masih harus menghadapi rencana jahat dari Helena, Justin, Siyamak dan juga dua selir raja lainnya, Noor Khorasan dan Charumitra.

Perjuangan Ashoka The Great memang luar biasa, tetapi perjuangan Ashoka kecil, remaja dan dewasa lebih menarik lagi untuk disimak. Di satu sisi, ia ingin terus menjadi seperti Ashoka yang cinta damai, seperti yang diinginkan ibunya. Namun, ia harus mengalami banyak sekali rintangan dimana orang-orang disekitarnya yang ingin menjatuhkannya.