Indosiar: Dahulu dan Kini

  • 1.6K Views
  • Last Post 07 July 2015
admin posted this 31 May 2015 - Last edited 31 May 2015

Kontes Dangdut Jadikan Indosiar Makin Berkibar

Indosiar adalah salah satu dari tiga stasiun televisi swasta tertua di Indonesia setelah lahirnya RCTI dan SCTV. Memulai siaran pada 1995, Indosiar baru justru mengedepankan acara-acara lokal seperti drama seri kolosal, wayang orang, film impor, animasi di Minggu pagi, telenovela, keagamaan, siaran langsung sepakbola, ajang musik Gebyar BCA—karena saat itu Indosiar dan BCA berada sama-sama tergabung di dalam gurita bisnis Salim Grup. Tentu saja, Indosiar juga masih merelay berita-berita dari TVRI seperti Berita Nasional pada jam 7 malam, Dunia Dalam Berita jam 9 malam dan Berita Terakhir di jam 23.30.

Indosiar juga menjadi televisi swasta pertama yang menayangkan sinetron berdurasi terpanjang sepanjang sejarah persinetronan, kendati bukan kejar tayang. Sejak tahun 1998 sinetron ini memang memiliki nama yang sama hingga 2005. Namun, pemeran utama dan topik cerita berbeda—meski dengan konflik yang hampir sama. Awalnya, Lulu Tobing dan Ari Wibowo adalah pemeran utamanya. Namun seiring dengan berjalannya waktu (atau kejenuhan para pemain lama) maka pemeran utama sinetron ini pun silih berganti, apalagi pemain figurannya. Booming sinetron yang merajai televisi-televisi swasta di Indonesia di era 90-an akhir dan awal 2000 an adalah hasil tangan dingin dari Raam Punjabi melalui Multivision Plus. 

 

Pasca milenium, Indosiar pun mengembangkan sayap menjadi stasiun televisi swasta dengan serangkaian program yang amat beragam, kendati konsep acara masih sama. Hanya saja, Indosiar memperbanyak durasi jam tayang, dan jumlah acara. Film impor kian menarik dimana ada serial terkenal seperti 90210, Desperate Housewives, dan The Home Court. Namun, Indosiar juga semakin menambah daftar tayangan drama dari Korea, Taiwan dan beberapa negara Asia lainnya.

 

Meteor Garden, adalah salah satu drama seri fenomenal Taiwan yang menjadi  trend setter bagi para kaum muda di awal tahun 2000an. Gaya rambut para pemain adalah satu hal yang paling banyak ditiru oleh para pemuda ABG di era awal 2000an. Sebelumnya, memang banyak drama-drama serupa di Indosiar, tetapi MG menonjolkan empat pemain pria yang menjadi tokoh utamanya yakni grup F4. Sejak MG ditayangkan dan meraih rating tertinggi di tiap hari Senin malam, maka televisi lain pun menyiarkan drama-drama Taiwan, meski ratingnya tidak setinggi MG.

 

Popularitas MG masih tidak mengubah keinginan Indosiar untuk menayangkan drama seri Mandarin dan Korea seperti Putri Huan Zhu, Boys Before Flowers, Jewel in the Palace, Dong Yi dan banyak lagi. Hingga kini, Indosiar juga tercatat sebagai televisi nasional yang paling banyak menayangkan drama berseri dari beberapa negara Asia seperti Romancing Hongkong, Truth, Pasta in love, Princess Prosecutor, Rooftop Prince dll.         

 

Bagaimana dengan Tayangan Olahraga?

Di awal 90 an, Indosiar menayangkan English Premier League hingga tahun 2000, dan sempat juga menayangkan balap mobil NASCAR hingga tahun 2004. Setelah sempat vakum selama beberapa tahun dari penayangan acara-acara olahraga, Indosiar kembali menayangkan siaran langsung Liga Inggris, Copa Italia, dan Liga Italia.

 

Perbanyak Kontes Pencarian Bakat

Indosiar juga menjadi televisi nasional pertama yang menayangkan ajang pencarian bakat asli Indonesia—bukan saduran meski konsepnya hampir sama—dengan memunculkan pemenang yang diperoleh dari polling SMS pemirsa. Acara yang disebut Akademi Fantasi Indonesia ini mengadaptasi acara serupa, La Academia, Mexico. Setelah penayangan kontes ini, RCTI pun meluncurkan ajang Indonesian Idol untuk pertama kalinya.

 

Di awal 2010, terjadi banyak perubahan pada beberapa acara di Indosiar. Film impor pun jauh berkurang, termasuk Desperate Housewives yang selama ini selalu mendapat porsi iklan cukup banyak untuk acara di jam 23.00. Indosiar cenderung memperbanyak drama kolosal, misteri, dan sinetron religi atau romansa. Yang masih sama adalah tayangan animasi di minggu pagi hingga siang hari. Namun, beragam acara baru bermunculan seperti Take Me Out, Take Him Out dan Take Me Out celebrity. Acara ini juga merupakan adopsi acara dengan nama serupa yang ditayangkan oleh ITV, salah satu stasiun televisi Inggris.

 

Selain ajang pencarian jodoh tersebut diatas, Indosiar juga banyak menayangkan acara kontes pencarian bakat seperti Mamamia Show, Super Mama Seleb dan Indonesia’s Got Talent. Khusus di ajang pencarian bakat, nampaknya Indosiar mengemasnya dengan bagus. Mamamia Show sangat diminati masyarakat, baik yang ingin menonton saja, berpartisipasi di dalamnya, atau menyumbangkan sms bagi mereka yang dijagokan.

 

 

  • Liked by
  • moviemania
2 Comments
Order By: Standard | Newest | Votes
admin posted this 31 May 2015 - Last edited 31 May 2015

Rating tinggi dari beragam acara pencarian bakat di Indosiar ternyata menginspirasi stasiun televisi yang dimiliki Surya Citra Media ini untuk menggali ide acara serupa. Terinspirasi dari Kontes Dangdut Indonesia, Indosiar pun menggebrak dengan acara D’Academy.

 

Kontes dangdut ini tidak hanya mencari bakat para penyanyi dangdut, tetapi juga memperbanyak guyonan, joget dan juga obrolan antara para host. Acara ini sudah dimulai pukul 5 sore hingga jam setengah 12 malam. Bahkan, acara ini pun sudah menapaki musim kedua dan mendapat rating tertinggi, 5.5% TVR dan 26.7 share, mengungguli drama berseri India yang juga ditayangkan mulai sore hari hingga hampir tengah malam.

 

 

Saat D’Academy sukses, maka diadakanlah D’Academy 2. Acara ini tampaknya ingin mengulang kedigdayaan acara jilid pertama yang sudah menghasilkan kontrak iklan triliunan. Bahkan, acara serupa pun ditampilkan sepert D’T3rong Show, dan dilanjutkan oleh Bintang Pantura. Namun rupanya, kedua acara ini tidak memiliki rating setinggi D’Academy 2. D'T3rong Show memiliki share sebesar 14,7% dan rating 3,1, sedangkan Bintang Pantura masih mendapat rating lebih tinggi dengan TVR 4,2 dan 21,6% share.

 

Apakah Acara Terlama?

Sama halnya dengan RCTI dan SCTV, Indosiar masih mempertahankan acara informasi yakni Fokus dan Patroli. Fokus menyajikan berita-berita aktual, sedangkan Patroli menghadirkan berita-berita kriminal. 

  • Liked by
  • moviemania
moviemania posted this 07 July 2015

Informasi Jadwal Indosiar hari ini, selasa 7 Juli 2015: 

00:00 Just For Laughs Gags  
00:30 Patroli Malam  
01:00 Fokus Malam  
01:30 Just For Laughs  
02:00 AKSI (Akademi Sahur Indonesia)   
05:00 Live Fokus Pagi  
06:00 Mamah & AA Beraksi  
07:30 Kartun Indonesia Pagi: Keluarga Somat
08:00 Tesh Eial  
08:30 Sinema Pagi  
10:30 Kiss Pagi  
11:00 Live Patroli  
11:30 Sinema Pintu Taubat  
13:30 Hot Kiss Sore  
14:00 Live Fokus Sore  
14:30 AKSI Junior (Akademi Syiar Indonesia)
17:30 Assalamualaikum D'T3Rong Show  
17:45 Rangkaian Jalan Hikmah  
18:00 Assalamualaikum D'T3Rong Show  
21:00 Q'Academy