Global TV: Dulu dan Kini

  • 2K Views
  • Last Post 07 July 2015
admin posted this 31 May 2015 - Last edited 31 May 2015

Konsistensi Global TV untuk Hiburan dan Edukasi

Sejak mengawali siaran di tahun 2001 di bulan ke sepuluh, Global TV memanjakan para kaum muda, yang haus akan hiburan bermutu dan berkualitas. Setelah ANTV tidak lagi menayangkan acara-acara musik dari MTV, maka Global TV mengambil alih acara-acara tersebut. Namun, Global TV masih memiliki porsi tayangan lokal serta beberapa acara yang diproduksi oleh jaringan internasional, Nickelodeon. Jika disimpulkan, semua acara-acara yang ditayangkan oleh Global TV membidik pasar anak-anak dan remaja.

Sejak awal siaran, Global TV sudah dapat dinikmati oleh banyak kota di seluruh Indonesia. Muatan lokal adalah andalan Global TV di awal debutnya dimana pemirsa dapat menyaksikan beberapa acara komedi seperti Momon, Abdel dan Temon, Srimulat dan Ludruk Kirun.

Acara lawakan lokal yang juga kondang adalah Awas Ada Sule, Superhero Kocak, Cagur on the Street, Kanjeng Mami, dan masih banyak lagi. Bahkan, nama pelawak Sule pun dikenal masyarakat luas setelah ia dijadikan bintang utama sinetron komedi AAS. Wajahnya pun mengisi beberapa acara komedi di televisi swasta lainnya, meski kini ia menjadi pemandu sebuah acara yang sedikit lebih serius di salah satu televisi swasta baru.

Di tahun 2006, Global TV yang sudah bekerja sama dengan MTV memperluas kerjasamanya dengan menggandeng Nickelodeon. Nickelodeon sangat populer dengan ragam film kartun yang mendunia seperti Spongebob Squarepants, Dora The Explorer, dan Avatar. Dari ketiga film ini, hanya Spongebob dan Dora yang masih bertahan di layar kaca. Keduanya pun selalu mendapat respon positif dari anak-anak. Selain karena jam tayangnya yang pas untuk ‘membangunkan’ anak-anak yang harus bersekolah, kedua acara ini juga sangat menghibur. Terutama Dora, tokoh anak kecil perempuan yang mengajak penonton kecil untuk berinteraksi dalam menebak hal-hal yang mendidik daya ingat dan motorik anak.

 

Bisa dibilang, Global TV masih sangat konsisten mempertahankan konsep acara yang diusungnya. Bahkan, stasiun televisi yang termasuk di dalam MNC group ini tidak ikut-ikutan menayangkan program dangdut, joget, pencarian bakat, dan drama seri dari India yang sedang booming saat ini.

Hal ini tercermin dari mudahnya para pemirsa menemukan acara favorit untuk keluarga mereka. Di pagi hari, mulai jam 5 hingga 9 pagi, sederet acara untuk si kecil sudah tersaji. Diawali dengan Dora The Explorer, Rabbids the Invasion, Spongebob, dan film lepas untuk anak-anak. Setelah itu, giliran para ibu-ibu yang dapat menyaksikan acara Obsesi, Fokus Selebriti dan Buletin Indonesia Siang, acara berita yang dikemas secara kasual namun selalu up to date.

Sore harinya, acara-acara yang diperuntukkan bagi ibu-ibu muda dan kalangan remaja adalah Penting Ga Penting yang dibawakan oleh Joshua, Duo Pedang yang dipandu oleh Syaiful Jamil dan Nazzar, Ada-Ada Aja, serta Eksis. Tiga acara akhir yang disebut merupakan produk asli Global TV yang sengaja mengajak pemirsa untuk melihat sisi lain selebriti, selain di acara infotainment.

Sore menjelang malam, anak-anak dapat menyaksikan Naruto Shippuden. Yang tak kalah mengejutkan, tayangan Naruto sebanyak empat episode dalam sekali tayang ini memiliki rating tertinggi di jam 5 hingga 7 malam, dimana Naruto meraih rating 2,5% dan share 12,5%. Hal ini tentu sangat mengejutkan, karena selama ini, tidak ada acara dari Global TV yang memiliki rating tinggi di jam-jam tersebut di atas. Yang lebih mengejutkan lagi, Rabbids Invasion juga berhasil mendapatkan rating tertinggi di jam 05.30 (1,0/ 14,8). Bahkan, Spongebob Squarepants tidak pernah meraih rating ini di minggu-minggu awal penayangannya. Rupanya, kelucuan para kelinci bandel di film RI ini bisa membuat anak-anak semangat bangun pagi sebelum bersekolah.

Program Big Movies dimulai pada pukul 7 malam dimana Global TV menayangkan film-film impor dengan tema berjenjang. Sebelum pukul 9, anak-anak masih bisa menikmati beberapa film yang sesuai dengan usia mereka. Setelah pukul 9, film-film yang ditayangkan pun sesuai dengan usia dewasa.

 

Tayangan Olahraga

Untuk porsi tayangan olahraga, Global TV juga menyajikan beragam siaran langsung seperti Liga Italia, Jerman, F1, Liga Utama Inggris, Liga Indonesia. Bahkan, Global TV juga sempat menyajikan tayangan Euro 2008, World Cup 2010, dan Sea Games 2011. Saat ini, tayangan olahraga yang masih disiarkan adalah 100% Football dan 100% Sport.

2 Comments
Order By: Standard | Newest | Votes
admin posted this 31 May 2015 - Last edited 31 May 2015

Drama Impor

Sejak dulu, porsi drama impor dari negeri-negeri seperti Korea, Amerika Latin tidak terlalu besar. Saat ini, Coffee Prince adalah satu-satunya drama Korea yang ditayangkan oleh Global TV jam 3 pagi. Coffee Prince menggantikan serial Arrow.

Selain tayangan-tayangan tersebut di atas, ada beberapa acara dengan konsep yang diperuntukkan oleh remaja putri dan ibu-ibu seperti Jelajah Rasa—yang sebelumnya acara ini dinamakan KungFu Chef. Dipandu oleh chef kocak, Muto, acara ini berbeda dengan acara masak yang monoton. Biasanya chef hanya berada di balik meja dan menuangkan bumbu-bumbu masakan sesuai nafkah. Chef Muto sendiri, kerap melontarkan joke, dan juga kejutan dengan melempar bahan makanan atau bahkan alat makan kepada sang bintang tamu. Jelajah Rasa kini hanya tayang hari Jumat, jam 12 siang.

 

Acara baru lainnya adalah Travelesia. Acara ini berbeda dengan acara wisata lainnya, dimana dua host acara ini, akan mengunggah foto dan status dari tempat-tempat yang dikunjunginya di seluruh Indonesia. Konsep awal Travelesia ini adalah untuk mengajak para kaum muda untuk bangga dengan tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia, yang tidak kalah indah, bahkan jauh lebih mengesankan, daripada tempat-tempat wisata di dunia. Acara ini ditayangkan setiap Sabtu, jam 12 siang.

Kendati hanya segelintir program Global TV yang mencapai rating tinggi, namun stasiun televisi ini masih konsisten dengan acara-acara yang dikemas dalam bentuk yang kreatif, dinamis dan menonjolkan edukasi serta pengetahuan yang wajib diketahui oleh kalangan muda dan anak-anak.

moviemania posted this 07 July 2015

Untuk Jadwal Global TV selengkapnya hari ini, Selasa 7 Juli 2015: 

00:00 Big Movies:  An Empress And The Warriors (Kelly Chen, Donnie Yen, Leon Lai)
02:00 Buletin Indonesia Malam  
02:30 Tau Lebih, Lebih Tau  
03:00 Kolak Candil  
04:00 Buletin Indonesia Pagi  
04:30 Penguin Of The Madagascar  
05:00 Chalkzone  
05:30 Rabbids Invasion  
06:00 Spongebob Squarepants  
08:00 The Super Hero Squad Show  
08:30 Ultimate Spiderman  
09:00 Hompimpa  
10:00 Obsesi  
10:30 Fokus Selebriti  
11:00 Buletin Indonesia Siang  
12:00 Naruto Rock Lee  
13:00 Tom And Jerry Tales  
14:00 Big Movies Candyland:  Barbie And The Magic Of Pegasus 3D (Film Animasi)
16:00 New Ada Ada Aja  
17:45 Rindu Suara Adzan  
18:00 Naruto Shippudden  
19:30 Big Movies Candyland:   
21:30 Big Movies:  Behind Enemy Lines (Gene Hackman, Owen Wilson, Gabriel Macht)