ANTV: Dulu dan Kini

  • 2K Views
  • Last Post 07 July 2015
admin posted this 31 May 2015 - Last edited 31 May 2015

Sinema India Antar ANTV Meraih Rating Atas

Sejak disiarkan secara nasional pada tahun 1993, ANTV yang memiliki nama PT Cakrawala Andalas Televisi ini banyak mengalami perubahan konsep penyiaran. Berawal dari siaran lokal di Lampung dan sekitarnya, televisi yang dulu dikenal dengan nama ANTEVE memulai debutnya di kancah pertelevisian swasta nasional, dengan pesaingnya yakni televisi swasta yang lebih senior seperti RCTI, SCTV dan Indosiar. Awal mula ANTV ditayangkan adalah saat televisi ini menyiarkan Sidang Umum DPR/MPR secara langsung pada 1 Maret 1993. Namun,  televisi yang kini tengah gencar-gencarnya menayangkan serial dari negeri India ini didirikan tiga bulan sebelumnya, yakni pada 1 Januari di tahun yang sama.

 

 

Televisi Musik

Saat masih bernama ANTEVE, televisi ini belum memiliki acara yang memiliki konsep orisinil dari para tim kreatifnya. Namun,  kalangan muda sangat menunggu acara musik impor yang disiarkan oleh MTV. Beberapa acara MTV yang ditayangkan oleh ANTEVE adalah MTV Ampuh, sekumpulan lagu-lagu terkini, tetapi dipandu oleh host dari Indonesia seperti Shanty, Sarah Sechan dan Cathy Sharon. Acara MTV lainnya yang sama seperti request lagu di radio adalah MTV Most Wanted, dengan host andalan MTV seperti Mike Kaseem, Nadya Hutagalung, Jamie Aditya dan Donita Rose. Bahkan, ANTEVE juga akhirnya dapat memiliki tayangan yang merujuk pada MTV Unplugged, yakni Akustik Plus.

 

Televisi Olahraga

ANTEVE juga cukup mampu memuaskan keinginan khalayak akan tontonan olahraga yang bermutu. Tayangan murni olahraga dari ANTEVE adalah Prima Raga, acara senam yang dipandu oleh Vicky Burki ini ditayangkan setiap pagi. Selain itu, ANTEVE juga kerap merangkum hasil-hasil pertandingan sepakbola di liga-liga utama negara Eropa yang memang selalu dinanti oleh pecinta sepakbola. Acara tersebut adalah Lensa Olahraga, Sepakbola Dunia, Gol! Gol! Gol!, Majalah Olahraga, dan Total Football, yang masih ada hingga sekarang.

Sedangkan siaran langsung olahraga kelas dunia yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia termasuk Liga Italia, Jerman, Inggris, Spanyol dan Ligina (Liga Indonesia), ASEAN games 1993 – 1999 dan juga Piala Dunia 94 dan 98.

 

Televisi Hiburan Keluarga

ANTEVE di era 90-an bisa disebut sebagai televisi hiburan keluarga, karena menayangkan ragam acara yang menarik untuk semua usia. Untuk si kecil, ANTEVE memiliki Tom&Jerry, Samurai X, Armor Hero, Keroro dan Kamen Rider Blade. Bagi sang bunda, acara justru sangat beragam mulai acara senam, memasak, kuis dan beberapa sinetron seperti Donna Sang Penyamar, Singgasana Brama Kumbara, Oh Mama oh Papa, dll. Tentu bagi para ayah, acara dari berbagai cabang olahraga adalah yang paling dinanti.

ANTEVE pun memiliki program berita yang cukup ‘berani’ pada masanya seperti Topik yang terbagi menjadi Topik Pagi, Topik Siang, Topik Petang dan Topik Malam serta Topik Terkini. Sebenarnya, ikon acara berita ANTEVE adalah Cakrawala.

Secara keseluruhan, acara yang dikemas oleh ANTEVE lawas sangat menarik. Tetapi, sayang, acara-acara bermutu tersebut tidak dapat menaikkan rating sehingga ANTEVE tidak dapat bersaing dengan televisi swasta yang sudah ada sebelumnya seperti RCTI, SCTV dan Indosiar. Karena itulah, ANTEVE mengubah konsep, sekaligus nama. Tahun 2006, ANTEVE yang dimiliki oleh Visi Media Asia berubah menjadi ANTV.

 

Ganti Haluan

Memasuki tahun 2010, ANTV berusaha memahami apa yang diminati oleh masyarakat. Acara andalan ANTV adalah beberapa reality show seperti Al El Dul, Aprilio Kingdom dan Chibi Chibi Burger. Saat ini, reality show yang sedang tayang adalah Shafiyah Anak Jamilah. Selain itu reality show, dimulailah serangkaian drama dari Korea, seperti Endless Love, Winter Sonata, Lovers in Paris, Autumn in My Heart dan banyak lagi.

Namun demikian, serangkaian acara untuk si kecil masih konsisten ditayangkan seperti film fenomenal Masha and The Bear, Mr. Bean dalam versi kartun, Curious George, Khrisna dan Chotta Bheem. Acara untuk anak-anak tersebut sudah dimulai pukul 11 siang hingga jam 3 sore. Curious George dan Masha & The Bear bersaing dalam hal rating. Kedua acara ini masih memiliki rating dan share lebih tinggi dibandingkan Pesbukers, yang konsisten dengan 1.9/14.7%. 

2 Comments
Order By: Standard | Newest | Votes
admin posted this 31 May 2015 - Last edited 31 May 2015

Memasuki tahun 2013, mulailah serangkaian drama seri dari tanah India yang secara mengejutkan dapat menaikkan rating ANTV. Dimulai dari drama Mahabharata, kemudian disusul oleh Navya, dan yang kini memiliki rating tertinggi di antara drama-drama dari tanah Bollywood itu, yakni Jodha Akbar. Acara ini memiliki rating 3,1% dengan share sebesar 13,9%. Menyusul di peringkat berikutnya adalah Ashoka memiliki rating dengan jumlah sama, namun share sebesar 12,6%). Drama lainnya adalah Kejayaan Mahabharata dengan share 3,3 dan share 12,9 persen.

 

Tidak tanggung-tanggung, ANTV menayangkan tujuh drama seri dimulai dari pukul 6 sore hingga tengah malam. Dimulai dari Navya, Khrisna, Kejayaan Mahabharata, Shakuntala, Ashoka, Jodha Akbar, dan Abad Kejayaan, dimana film yang terakhir ini adalah film produksi Turki. Namun ketujuh acara tersebut mengalami naik turun dalam hal rating dan share. Tetapi, rating tertinggi dari ketujuh acara tersebut masih dipegang oleh Jodha Akbar, dan yang terendah adalah Navya.

 

Demam Shaheer

Drama seri Mahabharata yang ditayangkan sejak 2013 – 2014 memunculkan beberapa bintang yang akhirnya mengais rejeki di tanah Indonesia. Salah satunya adalah Shaheer Sheikh. Setelah ia diundang di beberapa acara lokal ANTV mulai Pesbukers, The New Eat Bulaga Indonesia, dan banyak lagi. Kemunculan Shaheer yang ternyata menarik minat penonton ANTV, terutama kaum hawa, menyebabkan ia juga laris membintangi beberapa iklan komersial.

Bahkan, wajah Shaheer masih akan tampil di layar kaca ANTV melalui sinetron terbarunya yang berjudul Cinta di Langit Taj Mahal. Sinetron ini juga dibintangi oleh Nabila Syakieb dan Evan Sanders. Sinetron ini akan mulai ditayangkan tanggal 8 Juni 2015 nanti, untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

moviemania posted this 07 July 2015

Jadwal ANTV hari selasa 7 Juli 2015: 

00:00 Live: Topik Malam  
00:30 Lensa Olahraga Malam  
01:00 Cahaya Hati Ramadhan  
01:15 Catatan Si Olga  
02:30 Ashoka (RR)  
03:30 Jodha Akbar (RR)  
04:30 Live: Topik Pagi  
05:00 Live: Lensa Olahraga Pagi  
05:30 Balveer  
07:30 Seleb Nyantri  
08:00 The New Eat Bulaga Indonesia  
10:29 Topik Terkini Pagi  
10:30 Sinema Siang:  Chhota Bheem
12:00 Balveer Eps. 23  
13:59 Topik Terkini Siang  
14:00 Animasi Spesial: Curious George
15:00 Animasi: Marsha & The Bear Season 2
16:00 Live: Pesbukers Ramadhan  
18:30 Krishna Eps. 86  
19:00 Ashoka Eps. 77-78  
20:00 Jodha Akbar Eps. 513-514  
21:00 Cinta Di Langit Taj Mahal Eps. 30  
22:00 Abad Kejayaan Eps. 158  
24:00 Live: Topik Malam